Denah Rumah dan Gambar Rumah, apa bedanya ?

Apa itu Denah Rumah ? Apa itu Gambar Rumah ? Apakah sama pengertiannya ?

Dapatkan GRATIS E-book kami ‘MENGENAL ARSITEKTUR‘ Lihat dibawah.

Denah Rumah Gambar Rumah

Berikut penjelasan tentang Denah Rumah dan Gambar Rumah.

Denah Rumah : Pengertiannya

Tidak semua orang mengerti apa sebenarnya Denah Rumah itu, meskipun sering dalam pembicaraan mengeluarkan kata “ga ada denahnya”. Pengertian Denah Rumah adalah gambar atau sketsa diatas kertas yang menunjukkan susunan kamar atau ruangan sebuah rumah bila dilihat dari atas setinggi kira-kira 1 meter dari lantai. Bila dilihat dari atas, susunan kamar dan ruangan akan lebih dapat dimengerti keterkaitan satu kamar dengan kamar lainnya. Didalam gambar Denah Rumah, yang pertama kali ditunjukkan adalah letak dinding. Bila kita lihat ada garis-garis memanjang tersambung satu dan lainnya didalam gambar, itulah garis dinding. Empat garis dinding yg menyambung saling tegak lurus menjadi bentuk kotak / empat persegi panjang, menunjukkan Ruang atau Kamar. Jarak antara dua dinding sejajar adalah ukuran lebar dari ruangan tersebut.

Didalam gambar yang lebih lengkap, garis dinding tidak lagi hanya satu garis, tetapi dua buah garis berdampingan, yang menunjukkan ketebalan dinding. Tebal dinding biasanya adalah 10cm sampai 15cm, tergantung pada bahan bangunan yang digunakan.

Terdapat lebih dari satu Ruangan atau Kamar didalam suatu Denah Rumah, yaitu biasanya ada Ruang Keluarga, Ruang Makan, Kamar Tidur, Kamar Mandi atau Toilet, Dapur atau Pantry, Teras, Balkon, dan Gudang.

Selain itu Denah Rumah juga menunjukkan pintu-pintu yang ada di seluruh rumah, hingga dapatlah disimpulkan Pola Sirkulasi Pergerakan Orang didalam keseluruhan rumah.

Denah Rumah juga menunjukkan letak-letak jendela didalam rumah, hingga dapat direka betapa terang atau gelapnya suatu ruangan. Gambar Pintu dan Gambar Jendela dalam suatu kamar juga menunjukkan sirkulasi orang bergerak dari pintu ke jendela yang tidak boleh dihalangi oleh meubel / peralatan apapun.

Dapatkan GRATIS E-book kami ‘MENGENAL ARSITEKTUR‘ Lihat dibawah.

Tetapi !!!

Gambar Denah Rumah saja tidak cukup untuk membangun sebuah rumah, dibutuhkan juga gambar Potongan Rumah, dan gambar Tampak Rumah. Gabungan dari Denah Rumah, Potongan Rumah, dan Tampak Rumah inilah yang disebut Gambar Rumah.

Jadi Gambar Rumah terdiri dari gambar Denah Rumah, Potongan Rumah, Tampak Rumah, juga bisa dilengkapi dengan gambar perspektif 3d Rumah.

Gambar Rumah : Pengertiannya.

Gambar Rumah yang lengkap sangat dibutuhkan sebagai patokan untuk membangun suatu rumah, dimana tanpa Gambar Rumah akan sangat sulit untuk menentukan dimana letak kamar, letak dinding, letak pintu, maupun jendela. Gambar Rumah adalah miniatur diatas kertas, dari suatu rumah yg direncanakan, dimana untuk memindahkan suatu kamar atau suatu dinding sangatlah mudah, cukup dengan goresan pensil semua dapat dirubah. Bayangkan bila suatu rumah sebagian sudah terbangun, bila harus merubah kamar, menggeser dinding, dibutuhkan biaya dan waktu yang sangat banyak untuk melakukannya. Jadi sebenarnya, tindakan membuat Gambar Rumah adalah suatu perbuatan yang sangat menghemat biaya.Gambar Rumah sangat dibutuhkan oleh calon Pemilik Rumah untuk dapat membayangkan bagaimana susunan ruangan didalam rumah, apakah benar terdapat 3 buah Kamar Tidur , dimana letaknya, apakah benar Dapur terletak dekat dengan Ruang Makan, dari jendela Ruang Keluarga apa yang dapat dilihat. Gambar Rumah juga dibutuhkan oleh pemilik rumah untuk mengetahui bentuk luar dari rumahnya, apakah cukup cantik tampilannya. Gambar Rumah juga sangat dibutuhkan oleh Pemilik Rumah agar Pemborong Rumah dapat menghitung biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk membangun hingga selesai.Gambar Rumah dibuat oleh seorang Arsitek, profesi yang dididik memiliki ilmu khusus untuk merancang merencanakan bangunan, termasuk didalamnya adalah membuat Gambar Rumah. 1. Arsitek memulai kerjanya dengan membuat Sketsa tangan Denah Rumah begitu mendapat tugas untuk membuat Gambar Rumah. Dengan sketsa tangan Denah Rumah ini Arsitek dapat menjelaskan pada Pemilik Rumah bagaimana ia telah menyusun ruang-ruang rumah yang dibutuhkan atau yang diminta oleh Pemilik Rumah. Pemilik Rumah bisa menyetujuinya atau bisa meminta sedikit perubahan.2. Gambar Denah Rumah adalah tahap selanjutnya. Kini Arsitek sudah lebih jelas menggambar Gambar Denah Rumah, kamar demi kamar, ruang demi ruang, dimana letak pintu, jendela, dan perletakan meubel utama. Gambar dibuat dalam skala 1:100.3. Selanjutnya, Arsitek membuat Potongan Gambar Rumah, yaitu adalah gambar yang dibuat seakan-akan bangunan dipotong oleh pisau hingga terlihatlah bagaimana hubungan antara ruang dengan ruang lain, antara lantai atas dengan bawah, berapa tinggi antar lantai, berapa tinggi plafon, bagaimana tinggi anak tangga agar dapat mencapai perbedaan tinggi lantai ke lantai. Di Potongan Gambar Rumah juga dapat terlihat bagaimana bentuk dan kemiringan atap, tetap dalam skala 1:100.4. Tampak Gambar Rumah adalah hasil imajinasi khayal visual dari Arsitek, yang sebelumnya juga sudah dicoba-wujudkan dalam Potongan Gambar Rumah, dan juga hasil dari proyeksi dari Denah Rumah dan Potongan Gambar Rumah, yang menghasilkan Tampak Gambar Rumah dengan skala 1:100.

Dapatkan GRATIS E-book kami ‘MENGENAL ARSITEKTUR‘ Lihat dibawah.

Gambar Rencana

Gambar Rumah yang terdiri dari Gambar Denah Rumah, Potongan Rumah, dan tampak Rumah dalam skala 1:100 disebut Gambar Rencana atau Gambar Pra Rencana.

5. Perspektif 3d Gambar Rumah adalah penggabungan dari semua Gambar  Denah Rumah, Potongan Gambar Rumah, dan Tampak Gambar Rumah, dilebur menjadi suatu tampilan 3d dari rencana rumah hingga akan sangat mudah dimengerti oleh orang awam.6. Selanjutnya adalah tahapan Pengembangan Rencana Rumah dimana Arsitek menyajikan gambar-gambar Denah, Potongan, dan Tampak dengan skala lebih besar, yaitu skala 1:50, hingga lebih banyak masalah yang terlihat, dan dapat ditangani dengan baik. Termasuk dalam tahap ini adalah Pola Susunan Lantai, Rencana Atap, Rencana Plafon dan Titik Lampu, semua dalam skala 1:50.7. Selanjutnya dibuatkan Detail Gambar Rumah, yaitu gambar-gambar dengan skala 1:25, 1:20 dan 1:10 yang menunjukkan bagaimana detail-detail bagian-bagian penting dari rumah, umpama Kamar Mandi WC, Tangga, Railing, Kusen Pintu dan Jendela, Lisplang Atap, dll.

Gambar Kerja

Gambar- gambar Pengembangan Rencana skala 1:50 dan Detail Gambar Rumah skala 1:25, 1:20, dan 1:10 bersama-sama dinamakan Gambar Kerja.

Demikianlah tahapan-tahapan kerja seorang Arsitek yang ternyata tidak mudah, dimana kadang kala suatu tahapan belum mendapatkan persetujuan dari Pemilik Rumah, hingga harus dibuatkan alternatif, semua dilakukan untuk dapat menghasilkan Gambar Rumah yang baik. Semua tahapan ini dapat mengambil waktu berminggu-minggu, bahkan beberapa bulan. Demikianlah banyak waktu yang dihabiskan oleh seorang Arsitek, hingga ketentuan IAI Ikatan Arsitek Indonesia menetapkan Fee untuk suatu Gambar Rumah adalah sebesar 5% dari perkiraan biaya bangunan.

Dalam website https://www.architecture-now.com  kami menawarkan Gambar Rumah yang sudah jadi agar para Pemilik Rumah mendapatkan keringanan biaya pengganti Fee Arsitek, dengan membeli Gambar Rumah sudah jadi, yang mutu desainnya dapat terlihat dalam Perspektif 3d. Seiring dengan waktu, kami akan terus menambah tipe-tipe rumah lebih banyak.

Gambar Rumah Tipe Elitique 7x7

Gambar Rumah Tipe Elitique 7×7

NOWadmin
 

Arsitek Senior pengalaman 30 tahun, Concept Design Expert di semua Tipe Bangunan, Rumah, Hotel, Mall, Perkantoran, Ruko, Sekolah; menjuarai berbagai Kompetisi Arsitektur; berpengalaman kerja diberbagai Perusahaan Konsultan Arsitektur Nasional & Internasional. Siap membantu anda menghasilkan Arsitektur mutu tinggi dengan imbalan jasa ekonomis.

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: