1

5 Rahasia Arsitek Desain Sekolah Nasional Plus / Sekolah SPK di Lahan Sempit

Merancang gedung Sekolah SPK adalah pekerjaan yang rumit dan memerlukan lahan yang luas. Bagaimana bila tanah yang anda miliki tidak cukup besar, tidak beraturan, dan menyempit dibeberapa tempat. Juga harga tanah yang tinggi dan tiada tetangga yang mau menjual tanahnya. Dibutuhkan seorang ahli Arsitek Desain Sekolah untuk menanganinya. Bagaimana cara Arsitek Senior, Arsitek Indonesia melakukannya ?

arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_1

Driveway Drop Off & Pick Up Area Terlindung Dibawah Gedung Sekolah Victory Plus

Sekolah SPK adalah (Satuan Pendidikan Kerjasama), yang dahulu terkenal sebagai Sekolah Nasional Plus dan Sekolah Internasional. Sekolah SPK sangat terkenal dengan banyaknya fasilitas pengajaran yang harus disediakan.

Bagaimana cara Arsitek Senior Pengalaman kerja 30 tahun +, Arsitek Desain Sekolah mengatasi problema tanah sempit ini ?
Bagaimana cara Arsitek menyusun berbagai macam fungsi ruangan. Menyusun berbagai macam Blok Bangunan. Mengatur perletakan banyak macam Lapangan Olahraga. Bahkan bagaiman Arsitek Jakarta, Arsitek Bekasi ini mengatur letak jalan dan parkir untuk mobil dan motor. Semua untuk merealisasikan tujuan Desain Sekolah Nasional Plus / Sekolah SPK diatas lahan yang kecil dan sempit. Dapatkan jawabannya di Artikel ini.

Tidak ada yang akan membantah bila dikatakan Sekolah SPK / Sekolah Nasional Plus atau Sekolah Internasional selalu membutuhkan lahan yang besar. Ini berarti akan membutuhkan dana yang besar untuk membeli tanah yang lebih luas.
Arsitek Gedung Sekolah, Arsitek Senior telah berhasil mengatasi masalah Lahan sempit ini untuk Sekolah Victory Plus yang terletak di Bekasi.

Berminat membangun, memiliki, mengelola sebuah Sekolah SPK atau Sekolah Nasional Plus / Sekolah Internasional tapi lahan yang anda miliki sangat terbatas ?


Baca terus Artikel ini yang berjudul:
5 Rahasia Arsitek Desain Sekolah Nasional Plus / Sekolah SPK di Lahan Sempit
Semoga bermanfaat.

arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit

Arsitek Desain Sekolah Victory Plus Dengan Lobby Utama Memandang Taman Hijau 

Mengapa Sekolah SPK / Sekolah Nasional Plus Butuh Demikian Banyak Lahan ?

Berbeda dari Sekolah Umum biasa yang sangat terbatas fasilitasnya, Sekolah SPK diwajibkan untuk memiliki fasilitas sekolah yang sangat lengkap.

Dalam men-desain Sekolah Nasional Plus haruslah disediakan banyak Classroom. Hal ini diakibatkan oleh peraturan yang membatasi jumlah siswa maksimal hanya sebanyak 24-28 per kelas. Arsitek Desain Sekolah juga harus dapat menyediakan banyak macam ruangan untuk memfasilitasi berbagai macam kegiatan yang ada dalam sekolah.

​Desain Sekolah harus menyediakan tempat untuk Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia dan Laboratorium Biologi yang lengkap peralatannya. Juga harus disediakan Laboratorium Komputer, Ruang Seni / Visual Art dan Ruang Musik, dan Latihan Drama terpisah. Desain Sekolah harus menyediakan ruang untuk Perpustakaan yang lengkap dengan peralatan Audio Visual. Kalau bisa bahkan sebaiknya Perpustakaan dapat berupa bangunan sendiri yang dapat menjadi icon dari seluruh kompleks sekolah. Arsitek Desain Sekolah juga harus menyediakan Kantin tempat makan bagi para pelajar dengan pilihan menu yang lengkap mirip Food Court. Untuk kegiatan olahraga dibutuhkan Ruang Serbaguna / Multi-Purpose Hall untuk olahraga Basket, Volley dan Futsal. Juga lapangan terpisah untuk Basket, Tennis, dan Kolam Renang.

Selain itu dalam bidang pelayanannya pada siswa dan orangtua, Sekolah Nasional Plus wajib menyediakan Parkir Mobil & Motor yang mencukupi. Hal ini wajib dilakukan mengingat para siswa dari sekolah ini adalah dari golongan atas. Sarana antar-jemput mereka banyak menggunakan mobil berikut supirnya.

Tidak tanggung-tanggung ratusan tempat parkir mobil dan motor haruslah tersedia dengan alur jalan yang memudahkan untuk antar-jemput anak. Jumlah parkir yang sudah besar inipun masih harus ditambahkan parkir untuk guru dan karyawan yang cukup banyak juga.

Akibat banyaknya fasilitas yang harus dipenuhi itu, Sekolah SPK / Sekolah Nasional Plus selalu membutuhkan luas lahan yang sangat besar. Bagaimana bila tanah yang tersedia sangat terbatas dan harga tanah sangat mahal. Ini permasalahan yang rumit. Bagaimana mengatasinya ?

arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit-2

Lobby Dalam Utama Sekolah Victory Plus  / Sekolah National Plus 

?

" Berapakah luas lahan yang dibutuhkan untuk membangun sebuah Sekolah SPK  ??? "

Berikut kami jekaskan 5 Rahasia Arsitek Senior Online, merancang desain Sekolah SPK / Sekolah Nasional Plus di Lahan Sempit.

Ke 5 Rahasia ini harus dilaksanakan secara total dan konsekuen untuk mendapatkan hasil yang menyeluruh. Meniadakan satu Rahasia akan berdampak tidak dapatnya diterapkannya Rahasia yang lain. Hal ini akan menggagalkan tujuan semula untuk membangun Gedung Sekolah SPK / Sekolah Nasional Plus di lahan sempit.


arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit-3

Ruang Serbaguna di Lantai 2. Arsitek Desain Sekolah Nasional Plus / Sekolah SPK  di Lahan Sempit.

Rahasia no 1 : Arsitek Desain Sekolah mulai dengan membuat Rencana Blok Bangunan dengan Pola Jalan & Parkir sekaligus dibawahnya,

​Diatas kertas gambar Lahan, ditempat yang agak lebar membesar, letakkan Blok Bangunan Utama, dan bila bisa Blok-Blok Bangunan lainnya. Kemudian buatlah Rencana Pola Jalan dan Parkir kendaraan yang efisien seperi biasa diatas gambar yang sama. Jangan takut bila pola ini melanggar Blok Bangunan yang sudah ada. Sisakan sedikit bagian dari Blok Bangunan untuk tidak terlanggar Pola Jalan & Parkir tadi. Sisa ini akan digunakan untuk Lobby Masuk, Gerbang Masuk, Ruang Tunggu Orangtua di Lantai Dasar Bangunan.

Catatan :

Secara umum, sebuah Kompleks Sekolah SPK / Sekolah Nasional Plus / Sekolah Internasional terbagi dalam dua area terpisah.

​Area pertama adalah Area Secured / Aman.
Area ini adalah area tertutup tidak dapat dimasuki sembarang orang. Area ini adalah khusus untuk Siswa, Pengajar, dan Staff Sekolah saja. Orang lain, supir bahkan Orangtua pun tidak dapat masuk ke Area ini kecuali dengan izin dan tujuan yang disetujui sebelumnya.
Area ini terdiri dari semua fasilitas pendidikan kegiatan belajar mengajar, kegiatan penelitian, dan kegiatan management pengaturan sekolah. Lantai Utama kegiatan pendidikan biasanya terletak di Lantai Dasar bersebelahan dengan Pintu Keluar Masuk. Namun di Sekolah SPK dengan lahan kecil, lantai utama kegiatan ini akan diletakkan di Lantai 2. Terpisah dari Drop Off, Lobby Utama dll yang terletak di Lantai Dasar.

Area ke 2 adalah Area Luar berupa kegiatan Antar-Jemput pelajar, area Tempat Tunggu orang-tua / penjemput Drivers dll. Juga termasuk dalam Area ini adalah semua daerah parkir dan jalanan. Jadi jelaslah kegiatan luar ini sebaiknya tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar.

Antara dua kegiatan ini memang tidak dapat dicampur aduk.
Di Sekolah SPK / Sekolah Nasional Plus dengan lahan besarpun, kedua kegiatan ini dibatasi dengan tegas berupa penjagaan Security yang ketat.

 Di Desain Sekolah Nasional Plus / Sekolah SPK dengan lahan sempit, kedua Area kegiatan ini TETAP HARUS DIPISAH. Pemisahan tegas bahkan dilakukan dengan penempatan di level lantai yang berbeda. Lantai utama kegiatan pendidikan diletakkan di Lantai 2, diatas Level Lantai Dasar. Lantai Dasar berada di bawah Lantai Utama berisi sirkulasi kendaraan, parkir, Drop Off, Lobby Utama Gerbang Masuk saja. Semua ruang-ruang lainnya ditempatkan di Lantai 2, 3, dan 4.

​Ruang Serbaguna yang membutuhkan luas sangat besar sebaiknya diletakkan disebagian dari Lantai 2. Ini karena fungsinya juga seringkali mendatangkan banyak pengunjung dari luar.

arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_4

Desain Sekolah Dengan Denah Classroom Berbentuk Persegi Panjang

Rahasia no. 2 :  Gunakan Denah Ruang Kelas / Classroom Persegi Panjang yang Sederhana. Arsitek Desain Sekolah Ingin Susunan Struktur Yang Sederhana Tidak Rumit.

Gunakan bentuk denah Ruang Kelas yang efisien sederhana berbentuk persegi panjang / rektangular. Bentuk persegi panjang menghasilkan keteraturan pola dan modul struktur yang lurus dan rapih.

Beberapa studi lama tahun 1960an menyebutkan bahwa bentuk denah bersegi 6 adalah ideal memberi suasana terbaik untuk kegiatan belajar mengajar. Namun susunan denah segi 6 ini menimbulkan masalah bentuk tidak lurus. Susunan struktur kolom tidak akan lurus teratur, bahkan terkesan berantakan. Sangat sulit untuk kendaraan di Lantai Dasar untuk bergerak.

Sistim struktur sederhana persegi panjang membantu susunan Jalan dan Parkir di Lantai Dasar. Integrasi dimensi antar kolom Classroom dan dimensi antar kolom Parkir Mobil harus diatur dengan hati-hati. Pengaturan ini diterapkan agar menguntungkan Parkir dan Classroom sekaligus.

Jadi bila Sekolah SPK / Sekolah Nasional Plus tidak memiliki lahan yang cukup, gunakan Denah Classroom yang persegi panjang saja

arsitek_gedung_sekolah_lahan_sempit_5

Desain Sekolah Dengan Classroom Terang & Terbuka Berkat Banyak Jendela Kaca

Rahasia no 3 : Gunakan Susunan Ruangan 'Double Loaded Corridor' yang Lurus, Teratur, dan Sederhana. Arsitek Desain Sekolah Inginkan Susunan Struktur Yang Sederhana Efisien.


Selain bentuk denah Ruang Kelas yang sederhana, susunan Antar Kelas juga harus dibuat sama, yaitu lurus, efisien, dan beraturan. Bagaimana susunan Kelas yang lurus, efisien dan beraturan itu ?
Susunan kelas yang paling efisien tentunya adalah susunan 'Double Loaded Corridor'. Dalam susunan ini, Classrooms berada dikiri dan kanan Selasar atau Koridor yang lurus dengan irama kolom yang beraturan.


 Pemilihan susunan 'Double Loaded' dengan selasar ditengah ini bukan tanpa konsekuensi. Bila tidak direncanakan dengan baik, selasar / koridor ini bisa menjadi gang sempit yang gelap. Tentu saja hal ini tidak baik untuk Sekolah Nasional Plus yang bergengsi. Oleh karena itulah Rahasia selanjutnya juga harus diterapkan. Bagaimana maksud Rahasia no 4 itu ?

Baca terus Artikel '5 Rahasia Arsitek Desain Sekolah SPK / Sekolah Nasional Plus di Lahan Sempit'.


arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_6

Desain Sekolah Dengan Selasar Terang & Classroom dikiri & kanan-nya

Rahasia no 4 : Gunakan Banyak Bukaan Jendela Kaca. Arsitek Desain Sekolah Inginkan Banyak Cahaya Alami Dalam Kelas & Selasar.

​Sebagai akibat dari susunan 'Double-Loaded Corridor' adalah menimbulkan kurangnya cahaya alami di Koridor. Untuk mengatasi hal ini, maka haruslah digunakan lebih banyak bukaan jendela yang besar didalam Ruang Kelas maupun di Selasar.

​Letak jendela kaca juga harus disusun agar lebih banyak cahaya dapat tembus ke Selasar. Sebagai dampak banyaknya jendela, maka Ruang Kelas menjadi lebih terbuka, mudah dilihat dari selasar. Keterbukaan ini disatu pihak membuat pengawasan atas kegiatan dalam Ruang Kelas menjadi lebih mudah. Tetapi dilain pihak harus dijaga agar tidak mengganggu konsentrasi kegiatan belajar.

Jadi penerapan hal yang sifatnya teknis ini, juga harus diselaraskan dengan perubahan dalam policy pengelolaan sekolah. Perubahan policy yaitu transparency dalam sistim pengajaran Guru dan Siswa mudah diawasi oleh Kepala Sekolah.


arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_7

Desain Sekolah Dengan Lapangan Olah Raga & Kegiatan Outdoor di Lantai Atap

Rahasia no. 5 : Jadikan Atap Bangunan Sebagai Lantai Kegiatan Outdoor Olah-Raga dll. Arsitek Desain Sekolah menggunakan Plat Beton Untuk Atap Bangunan

Kelebihan lain dari Gedung Sekolah Nasional Plus dengan koridor 'double loaded' adalah terbentuknya lebar bangunan yg 'gemuk'. Lebarnya bangunan yang 'Gemuk' ini terjadi karena didalamnya berisi 2x lebar Ruang Kelas, ditambah lebar Selasar ditengahnya. Diperkirakan lebar bangunan bisa mencapai 18 meter.

Lebar bangunan yang bisa mencapai 18 meter ini ideal bila atapnya dibuat dari beton bertulang. Dengan atap datar berupa beton bertulang, terciptalah lantai baru diatap yang bisa menjadi kegiatan outdoor. Berbagai macam kegiatan Olah-Raga. Basket, Volley, Futsal, Atletik dan lain-lain dapat dilakukan di atap bangunan. Lantai Atap bisa dibuat terbuka ke langit ataupun diberi atap pelindung ringan agar dapat digunakan di hari yang panas sekalipun.

Dengan menjadikan Lantai Atap sebagai tempat kegiatan outdoor olah-raga akan mengurangkan kebutuhan lahan di Lantai Dasar.
Dengan demikian Arsitek Desain Sekolah telah berhasil mengurangi kebutuhan lahan untuk membangun Sekolah SPK / Sekolah Nasional Plus.

?

" Bagaimana kalau Sekolah SPK  membutuhkan Kolam Renang ? Dimana penempatannya  ??? "

arsitek_desain_sekolah_lahan-sempit-8

Desain Sekolah Dengan  Kolam Renang Indoor Nyaman di Siang Hari, & Aman Sewaktu Hujan


Demikianlah ke 5 Rahasia Arsitek Desain Sekolah Nasional Plus / Sekolah SPK diatas lahan sempit.

?

" Bagaimana kalau lahan tanah yang tersedia sudah cukup besar dan lebar  ??? "

Ya, jauh lebih mudah lagi bagi Arsitek Desain Sekolah​​​​. Menangani yang sempit saja bisa, apalagi yang luas lebar !!!

Arsitek Desain Sekolah juga berpengalaman men-desain Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran STIP Marunda, Jakarta seluas 23,5 ha. Artikelnya menyusul setelah ini.

Kesimpulan.

Dengan menerapkan ke 5 Rahasia diatas, yaitu dengan tetap meletakkan jalan mobil dan Parkir di atas tanah dasar. Meletakkan bangunan Fasilitas Pendidikan diatas jalan dan parkir. Meletakkan Fasilitas Olah-Raga diatas bangunan sekolah, maka akan tercapai keinginan membangun Sekolah Nasional Plus / Sekolah SPK di lahan sempit.

Mau membangun Sekolah Nasional Plus / Sekolah SPK diatas Tanah Luas atau Lahan Sempit ?

Kami berpengalaman men-desain Kampus 23,5 Ha Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran - Marunda. Juga Sekolah Tunas Muda, Sekolah Sang Timur, Sekolah Victory Plus - Bekasi, Sekolah Pelita Bangsa - Cirebon.

arsitek_desain_sekolah_lahan-sempit-9
arsitek_gedung_sekolah_lahan_sempit_10
arsitek_gedung_sekolah_lahan_sempit_11
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_55
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_12
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_13
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_14
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_56
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_15
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_16
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_17
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_57
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_18
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_19
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_20
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_58

Prestasi & Penghargaan Arsitek Desain Sekolah

arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_33
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_34
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_35
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_36
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_37
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_38
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit-39
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_40
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_41
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_42
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_43
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_44
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_45
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_46
arsitektur_modern_
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_48
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_49
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_50
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_51
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_52
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_53
arsitek_desain_sekolah_lahan_sempit_54
NOWadmin
 

Arsitek Senior pengalaman 30 tahun, Concept Design Expert di semua Tipe Bangunan, Rumah, Hotel, Mall, Perkantoran, Ruko, Sekolah; menjuarai berbagai Kompetisi Arsitektur; berpengalaman kerja diberbagai Perusahaan Konsultan Arsitektur Nasional & Internasional. Siap membantu anda menghasilkan Arsitektur mutu tinggi dengan imbalan jasa ekonomis.

Click Here to Leave a Comment Below 1 comments
Grace N - 15/01/2019

I’d say its quite interesting how you save the use of expensive land for good reason. I’ll refer this article to my collagues.

Reply

Leave a Reply:

× WhatsApp kami